Search

Baru 50 Desa di Sikka Siap Cairkan Dana Desa - Cendana News

MAUMERE — Dari 147 desa yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru 50 desa yang sudah melakukan posting ke aplikasi sehingga diperikarakan minggu kedua bulan Februari dana desa tahap pertama sudah bisa dicairkan.

“Dalam posisi saat ini, ada 50 desa yang sudah melakukan pemostingan ke aplikasi sehingga kami optimis jumlah desa yang berkinerja baik jumlahnya bisa bertambah dibandingkan tahu 2019 lalu,” kata Herta Arjunto, tenaga ahli Pembangunan Pastisipatif P3MD Kabupaten Sikka, Jumat (7/2/2020).

Herta Arjunto, tenaga ahli Pembangunan Pastisipatif P3MD Kabupaten Sikka, saat ditemui Jumat (7/2/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Herta mengatakan, untuk tingkat kabupaten dirinya melihat support dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sikka cukup bagus termasuk proses pelaporan dari desa yang terus mengalami perbaikan.

“Beberapa regulasi yang berhubungan dengan dana desa di level kabupaten sudah terfasilitasi. Misalnya proses pencairan dana desa yang batas akhirnya tanggal 15 Desember 2019 tapi mengingat ada kebijakan dari Dinas PMD Sikka maka tanggal 7 November 2019 dana tahap ketiga sudah dicairkan,” ungkapnya.

Dirinya berharap prestasi di tahun 2019 lalu yang sudah baik bisa dipertahankan sehingga pihaknya terus melakukan fasilitasi dan menggenjot desa agar segera melengkapi persyaratan untuk pencairan dana desa tahap pertama.

“Saya berharap prestasi tahun lalu sebesar 83 persen bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Dengan mekanisme baru pencairan dan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung ke Rekening Kas Desa (RKD) artinya  pelaporan jadi hal mendasar,” terangnya.

Herta menyebutkan pihaknya harus terus memperingati desa sebab jika terjadi SILPA maka dananya akan  langsung masuk ke rekening pemerintah pusat sehingga hal ini yang harus dihindari.

“Kita sudah sampaikan ke dinas PMD Sikka sehingga pencairan dana dalam tiga tahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dari pemerintah pusat. Dengan begitu SILPA bisa diminimalisir,’ sebutnya.

Terkait 15 desa yang mendapat reward berupa tambahan dana Rp144 juta dari pemerintah pusat, pihaknya memberikan apresiasi dimana tentu beberapa kriteria terpenuhi baik pelaporan melalui aplikasi yang ditetapkan maupun transparansinya karena laporannya bisa dipantau semua pihak.

“Kita melakukan pengawalan khususnya desa kategori berkembang dan maju agar lebih cepat proses pencairan dana. Jika itu terjadi maka desa bisa mendapat reward karena berkinerja baik dan saya optimis tahun 2020 bisa 50 desa dapat reward kalau proses pencairannya sesuai tahapan,” tegasnya.

Dari 147 desa di Kabupaten Sikka, kata Herta, desa maju ada 3 desa yakni Geliting, Nita dan Paga sementara desa sangat tertinggal meliputi Desa Kojagete dan Parumaan di kecamatan Alok Timur serta Desa Bu’u Selatan di Kecamatan Tanawawo.

“Di Kabupaten Sikka desa tertinggal ada 11 desa sementara desa berkembang ada 130  desa. Kita tentu berharap ada banyak desa yang bisa masuk kategori desa maju,” harapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sikka, Fitrinita Kristiani menyebutkan pihaknya terus memotivasi desa agar pencairan dana tahap pertama maksimal sudah selesai bulan Februari 2020.

“Kami sudah buat pertemuan dengan menghadirkan camat dan meminta agar desa lebih disiplin dalam pengelolaan keuangan.Kami meminta agar bisa diselesaikan perencanaannya kalau bisa minggu kedua bulan Februari,” tuturnya.

Hingga saat ini tambah Fitri sapaannya, sudah sekitar 50 desa dari 147 desa yang sudah melakukan verifikasi dan diharapkan minggu depan sudah bisa melakukan pencairan dana desa tahap pertama.

“Selain itu kita mendorong dan  mengoptimalkan peran Pejabat Pengelola Keuangan Desa (PPKD) sebab yang mengelola keuangan desa itu bukan hanya sekretaris dan kaur keuangan desa tetapi seluruh kaur dan kasi ,” ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.cendananews.com/2020/02/baru-50-desa-di-sikka-siap-cairkan-dana-desa.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baru 50 Desa di Sikka Siap Cairkan Dana Desa - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.