Search

Helikopter hingga Hazelnut AS Kena Tarif Impor Uni Eropa

Liputan6.com, New York - Helikopter, tas, dan hazelnut merupakan di antara sejumlah barang Amerika Serikat (AS) yang kenatarif Uni Eropa.

Penerapan tarif impor barang AS merupakan langkah Uni Eropa berbalik melawan AS yang berisubsidi pesawat Boeing.

Komisi Uni Eropa menerapkan tarif impor barang AS senilai USD 20 miliar pada Rabu waktu setempat. Langkahini dilakukan usai World Trade Organization (WTO) menerapkan aturan lantaran pemerintah AS gagal untuk akhiri dukungan ilegal terhadap Boeing.

Dengan situasi yang sama. Sebelumnya pemerintahan AS juga mempertimbangkan menerapkan tarif impor barang UniEropa senilai USD 11 miliar. Ini sejalan dengan kerugian ekonomi AS seiring subsidi Eropa terhadap pesawat dan perusahaanAirbus.

Kedua negara pun sepakat untuk diskusi terbuka agar dapat akhiri tantangan perdagangan. Katalog Uni Eropa berisi 11 halaman mengenai penerapantarif impor untuk produk AS mulai dari pesawat, bahan kimia hingga produk makanan.

"Perusahaan Eropa mesti mampu bersaing secara adil dan sama rata. Aturan WTO baru-baru ini diterapkanterkait subsidi AS untuk Boeing penting untuk dihormati. Kita mesti melanjutkan ke level bertahanuntuk industri kita," ujar Cecilia Malmstrom, Komisioner Uni Eropa, seperti dikutip dari laman CNBC,Sabtu (20/4/2019).

"Akan tetapi, perlu saya jelaskan, kita tidak ingin a tit-for-tat. Kita harus siap dengan terukurjika tidak ada jalan keluar. Saya percaya dialog ini dapat menjembatani kebutuhan AS-Uni Eropa sebagai partner penting," Malmstrom menambahkan.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3945914/helikopter-hingga-hazelnut-as-kena-tarif-impor-uni-eropa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Helikopter hingga Hazelnut AS Kena Tarif Impor Uni Eropa"

Post a Comment

Powered by Blogger.