Search

Siasati Harga Sayuran, Kementan Minta Petani Tekan Biaya Produksi, Bentuk Koperasi dan Pasar Lelang - Tribun Timur

TRIBUN-TIMUR.COM-Petani sayuran sudah teruji tangguh dengan investasi per hektar jauh lebih tinggi dibandingkan tanaman lainnya.

Risiko faktor iklim pun sudah biasa dihadapi, demikian pula terkait dengan tata niaga dan harga.

"Mereka pejuang pangan yang tabah, ikhlas dan selalu bersyukur kepada-Nya. Bertani adalah jalan hidupnya. Harga bukan merupakan faktor penyebab tetapi hasil interaksi antara penawaran dengan permintaan, sehingga mesti dicari faktor pembentuk dari harga," demikian dikatakan Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Suwandi saat rapat dengan perwakilan para petani cabe dan apel dari kabupaten Malang, Kota Batu dan Kabupaten Pasuruan guna mencari solusi terbaik untuk para petani maupun pembangunan hortikultura di di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, Sabtu (2/3/2019).

Suwandi menegaskan faktor pembentuk harga selain aspek pasokan atau produksi, juga dipengaruhi aspek distribusi, logistik, tata niaga, struktur dan perilaku pasar, serta industri hilir olahan.

Dalam hal ini agar ditelusuri faktor pembentuk utamanya.

Salah satu contohnya, sambung dia, yaitu surplus produksi sayuran di Jawa dan sekitarnya yang biasa telah dikirim ke luar Jawa terkendala biaya cargo pesawat sehingga distribusi kurang lancar.

Aspek industri olahan dan tata niaga juga perlu diperkuat, karena ini semua berkontribusi dalam pembentuk harga.

"Agar kita bersama juga memperbaiki aspek hulu dan onfarm guna mensiasati harga, setidaknya turut mampu mendorong maupun mempertahankan harga," tutur Suwandi.

Menurut Suwandi, ada beberapa langkah nyata untuk menekan ongkos produksi. Pertama, dengan cara menggunakan benih unggul sehingga produktivitas.

Kedua, menggunakan pupuk organik sehingga hemat biaya dan mengembalikan kesuburan lahan, kurangi pemupukan dengan kimiawi, tapi gunakan pupuk hayati buatan sendiri sehingga murah dan ramah lingkungan.

Let's block ads! (Why?)

http://makassar.tribunnews.com/2019/03/02/siasati-harga-sayuran-kementan-minta-petani-tekan-biaya-produksi-bentuk-koperasi-dan-pasar-lelang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siasati Harga Sayuran, Kementan Minta Petani Tekan Biaya Produksi, Bentuk Koperasi dan Pasar Lelang - Tribun Timur"

Post a Comment

Powered by Blogger.