Search

Gubernur Sulsel: Rakyat Harus Nikmati Dampak Dana Desa - Gatra

 

Makassar, Gatra.com - Triliunan anggaran digelontorkan pemerintah pusat ke Sulawesi Selatan dalam bentuk Anggaran Dana Desa (ADD). Anggaran tersebut diharapkan bisa memacu kinerja perangkat desa dalam membangun daerah.

“Dari semua itu, rakyat harus bisa menikmati dampak dari pengunaan ADD,” kata Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah di hadapan 75 perwakilan pendamping desa se-Sulsel di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (1/3).

Dikatakan, adanya anggaran Rp5 triliun lebih dari pemerintah untuk seluruh desa di Sulsel bukan jumlah yang kecil.

“Saya berharap kita betul-betul bekerja sesuai peran yang diamanahkan," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Menurut Nurdin, ADD dari Pemerintah Pusat ke Provinsi Sulsel selama empat tahun terakhir sudah mencapai Rp5,7 triliun. Khusus 2019, Sulsel mendapatkan kucuran ADD senilai Rp2,3 triliun. Dari jumlah tersebut, setiap desa akan kebagian Rp1,8 miliar.

“Dana sebesar itu sudah seharusnya memacu kinerja para Pendamping Desa agar bisa semakin mendorong kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing,” imbuh Nurdin.

Gelontoran ADD ke Sulsel, kata Gubernur, merupakan bukti kepedulian pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla terhadap rakyat dan seluruh desa di Sulsel. Besarnya anggaran tersebut menjadi cerminan besarnya perhatian Jokowi-JK ke Sulsel.

"Program Dana Desa dari Presiden harusnya bisa dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap rakyat Sulsel dan seluruh desa-desa di Sulsel,” katanya.

Gubernur menitip secara khusus agar ADD benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

"Salah satu kunci suksesnya, Kita semua harus menaikkan kapasitas. Kita harus melihat di desa masing-masing, apa yang bisa didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Ia berharap peningkatan ADD juga terus berlangsung setiap tahun. Dengan begitu, seluruh desa di Sulsel yang mencapai 2.255 desa dapat merasakan manfaatnya. Hanya saja, hal tersebut tidak lepas dari kebijakan pemerintah pusat.

“Semoga ADD terus meningkat dan Pemprov akan hadir untuk membuka dan menambah wawasan para Pendamping Desa dalam rangka membangun desa," katanya.


Reporter: Baharuddin
Editor: Anthony Djafar

Let's block ads! (Why?)

https://www.gatra.com/rubrik/nasional/pemerintahan-daerah/395250-Gubernur-Sulsel:-Rakyat-Harus-Nikmati-Dampak-Dana-Desa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gubernur Sulsel: Rakyat Harus Nikmati Dampak Dana Desa - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.