Search

Setelah Denda Pengguna iPhone, Bisnis Cina Subsidi Ponsel Cina - Tempo.co

TEMPO.CO, Beijing - Beberapa minggu yang lalu, setelah penangkapan Huawei CFO Meng Wanzhou di Kanada berdasarkan surat perintah AS, salah satu pemasok Huawei mengatakan akan mendenda setiap karyawan yang membeli iPhone Apple.

Baca: Apple Dituntut Pelanggan Gara-gara Poni iPhone
Baca: Beda Harga iPhone XS di Indonesia, Singapura, dan Amerika

Perusahaan juga mengatakan akan membantu setiap karyawan yang membeli ponsel buatan pabrikan Cina dengan mensubsidi sebagian biayanya. Langkah nasionalisme ini merupakan reaksi atas penangkapan Meng. Dan orang-orang Cina merasa agak mudah untuk menghilangkan rasa frustrasi mereka pada Apple.

Karena pemerintah AS memperingatkan sekutu untuk tidak menggunakan ponsel atau peralatan jaringan Huawei karena khawatir produk itu memata-matai konsumen dan perusahaan, lebih dari 20 perusahaan Cina mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan pembelian mereka terhadap Huawei.

Nikkei Asian Review mengatakan bahwa beberapa perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan menanggung 10 persen, 20 persen atau sebanyak 100 persen dari biaya telepon Huawei baru yang dibeli oleh pekerja mereka.

Perusahaan-perusahaan Cina yang bersedia menanggung sebagian biaya telepon Huawei baru karyawan mereka tidak semuanya merupakan pemasok bagi perusahaan. Seorang pejabat pemerintah Cina menyatakan bahwa beberapa ratus bisnis Cina menawarkan rencana serupa kepada karyawan mereka di seluruh negeri. Dan sementara beberapa menawarkan subsidi untuk pembelian ponsel bermerek Huawei, yang lain juga termasuk handset ZTE.

ZTE, seperti Huawei, juga disebut sebagai ancaman keamanan nasional oleh pemerintah AS awal tahun ini. Departemen Perdagangan AS memberlakukan Larangan Ekspor pada pabrikan itu, yang hampir memaksa ZTE untuk tutup.

Satu perusahaan yang memproduksi mesin di Shenzhen, tempat Huawei berpangkalan, mengancam akan menyita iPhone apa pun yang terlihat dalam kepemilikan karyawannya, dan memecat mereka.

Shenzhen Yidaheng Technology akan mendenda karyawan yang membeli iPhone dengan jumlah uang yang sama dengan yang mereka keluarkan untuk perangkat itu. Perusahaan pembuat bir di Provinsi Henan menawarkan alkohol gratis bagi mereka yang membawa tanda terima yang menunjukkan pembelian ponsel Huawei baru.

Liga Pemuda Komunis telah menggunakan media sosial untuk mendesak bisnis di Cina untuk mendukung Huawei. Tetapi setidaknya satu anggota Partai Komunis akan menentang tren ini. Hu Xijin, pemimpin redaksi publikasi propaganda Partai Komunis, Global Times, mengatakan bahwa ia akan terus menggunakan iPhone miliknya.

PHONE ARENA | NIKKEI ASIAN REVIEW

Let's block ads! (Why?)

https://tekno.tempo.co/read/1158652/setelah-denda-pengguna-iphone-bisnis-cina-subsidi-ponsel-cina

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setelah Denda Pengguna iPhone, Bisnis Cina Subsidi Ponsel Cina - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.