Search

Perhitungan Angka Ideal untuk Ditabung Setiap Bulannya

Tujuan menabung setiap orang memang berbeda-beda. Tabungan bulanan bisa digunakan sebagai dana jangka pendek, dana darurat, atau bahkan dana pensiun.

Dana jangka pendek bisa dibutuhkan untuk membayar kebutuhan cepat seperti DP rumah atau DP mobil dalam 3 tahun ke depan.

Sedangkan dana darurat merupakan dana yang disiapkan untuk menghadapi situasi darurat, seperti berobat ke rumah sakit atau dana jaga-jaga misalnya Anda harus resign dari kantor. Dengan mencadangkan dana darurat, Anda pun tidak akan pusing kalau ada bencana datang. Ya seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan.

Siapapun pastinya ingin memiliki kebebasan finansial. Sedangkan kebebasan ini hanya bisa tercapai ketika aset investasi Anda mampu membiayai hidup Anda tanpa harus bekerja lagi. Nah, agar masa pensiun Anda nyaman, Anda bisa mulai mempersiapkan dana pensiun ini sejak muda.

Kalau saya tidak bisa menabung sebanyak itu?

Anda bisa memulai pelan-pelan kalau saat ini belum bisa menabung per bulan hingga 20 persen dari penghasilan. Mulailah dari 5 persen lalu bulan depan naik menjadi 10 persen, barulah bulan ketiga naik menjadi 20 persen. Sedikit demi sedikit lebih baik daripada tidak menabung sama sekali.

Kalau masih susah, Anda juga bisa menambah pekerjaan freelance dengan skill yang Anda miliki. Ada banyak pekerjaan untuk freelancer di luar sana. Contohnya desainer, penulis, fotografer, sopir ojek online, dan lain-lain.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3707472/perhitungan-angka-ideal-untuk-ditabung-setiap-bulannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhitungan Angka Ideal untuk Ditabung Setiap Bulannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.