Search

Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Nomor Satu di Dunia

loading...

JAKARTA - Asosiasi E-Commerce menyatakan, pertumbuhan e-commerce Indonesia nomor satu di dunia. Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 78% di industri e-commerce.

Wakil Ketua Umum Bidang Penelitian dan Standarisasi Asosiasi E-Commerce Sofian Lusa mengatakan, industri e-commerce nasional dimulai saat Indonet memulai bisnisnya di tahun 1996. Kemudian muncul Kaskus pada 1998-1999. Selanjutnya, terus muncul pemain baru di industri ini.

"Ternyata pertumbuhan e-commerce di Indonesia seiring pertambahan penggunaan internet sudah 143 juta user. Begitu banyak sekali pemain e-commerce saat ini," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Sofian mengatakan, pertumbuhan e-commerce ke depan bisa mencapai 150%. "Pertumbuhan ini dibanding Filipina, Meksiko, kita patut berbangga. Penyebab peringkat pertama adalah dominasi masih di Pulau Jawa dan produk paling banyak dibeli gadget, aksesoris, dan apparel," katanya.

Dari jumlah keseluruhan produk, lanjut Sofian, sebanyak 30% masih impor, sisanya lokal. Hal itu menurutnya memang menjadi tantangan tersendiri karena pertumbuhan yang tinggi itu didominasi produk asing.

"Produk asing ini menjadi tantangan, produknya memang murah dan berkualitas bagus. Ini menggerus produk lokal. Itu tidak bisa dihindari, tapi perlu diupayakan bagaimana agar UMKM lokal bisa menyaingi produk asing," tandasnya.

(fjo)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1350523/34/pertumbuhan-e-commerce-indonesia-nomor-satu-di-dunia-1540899072

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Nomor Satu di Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.