Search

Utang Rp891,3 Triliun dari China Bentuk Penjajahan Baru?

JAKARTA - Presiden China Xi Jinping menjanjikan dana USD60 miliar atau setara Rp891,36 triliun (kurs Rp14.856 per dolar Amerika Serikat) untuk membiayai proyek-proyek di negara-negara Afrika dalam bentuk investasi dan pinjaman atau utang.

Banyak yang berspekulasi bahwa utang tersebut merupakan perangkap utang untuk menciptakan kolonialisme baru di benua tersebut. Namun, hal tersebut dibantah oleh Xi Jinping.

BERITA TERKAIT +

Berikut fakta-fakta utang Rp891,3 triliun dari China yang dianggap sebagai bentuk penjajahan baru, yang dirangkum oleh Okezone Finance:

Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika Serikat Sempat Tembus Rp14.545 

1. Presiden China Tawarkan Utang Rp891,36 Triliun ke Afrika

Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping menawarkan pembiayaan baru sebesar USD60 miliar atau setara Rp891,36 triliun (kurs Rp14.856 per dolar Amerika Serikat) bagi pembangunan di negara-negara Afrika. Namun, Xi memperingatkan agar pembiayaan tersebut jangan disalahgunakan dan menjadi proyek mangkrak.

Xi mengatakan di depan beberapa pemimpin Afrika, bahwa pembiayaan baru sebesar USD60 miliar mencakup USD15 miliar untuk bantuan pinjaman tanpa bunga dan pinjaman lunak, kredit sebesar USD20 miliar, dana khusus USD10 miliar untuk pembangunan China-Afrika, dan dana khusus USD5 miliar untuk mengimpor produk-produk dari Afrika.

Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika Serikat Sempat Tembus Rp14.545 

2. Utang Dari Pinjaman Bebas Bunga China Akan Dihapuskan Bagi Negara-Negara Afrika Miskin yang Terlilit Utang

Adapun utang dari pinjaman bebas bunga China yang jatuh tempo pada akhir 2018, akan dihapuskan bagi negara-negara Afrika miskin yang terlilit utang. "Jadi kerja sama China-Afrika ini harus memberi manfaat nyata dan keberhasilan yang bisa dilihat serta dirasakan oleh orang-orang China dan Afrika," dalam pidatonya.

Dengan pembiayaan baru USD60 miliar, China akan melaksanakan 50 proyek pembangunan hijau dan perlindungan lingkungan di Afrika, termasuk memerangi perubahan iklim, penghijauan dan perlindungan satwa liar. Xi menambahkan negaranya akan mengatur dana perdamaian dan keamanan, termasuk memberikan bantuan militer gratis kepada Uni Afrika.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/08/20/1947914/utang-rp891-3-triliun-dari-china-bentuk-penjajahan-baru

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Utang Rp891,3 Triliun dari China Bentuk Penjajahan Baru?"

Post a Comment

Powered by Blogger.