Search

Reaksi Bos Besar Freeport hingga Pengusaha Cari Untung Bangun Tol

JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) resmi mengakuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia. CEO PT Freeport Indonesia McMoran Richard menyebut jika pembelian atau akusisi ini merupakan perjanjian jual beli yang bersifat definitif dan pasti.

Sementara itu ada harga semen yang semakin hari semakin menurut. Hal tersebut menyusul berlebihnya pasokan semen yang ada di tanah air.

BERITA TERKAIT +

Di sisi lain ada pengusaha yang berada dalam naungan Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia yang menyebut jika sangat sulit swasta membangun jalan tol di luar Jawa. Sebab keuntungan yang didapatkan tidak sebanding dengan uang yang dikeluarkan

 

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama sepekan kemarin di kanal Okezone Finance. Berikut berita selengkapnya:

RI Akuisisi 51% Saham Freeport, Begini Reaksi Bos Besar Freeport

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Freeport McMoRan Inc, dan PT Rio Tinto Indonesia telah resmi menandatangani Sales Purchase Agreement (SPA) dan perjanjian lainnya pada hari ini.

Terkait hal itu, CEO Freeport McMoran Richard Adkerson mengatakan bahwa penandatangan ini merupakan perjanjian penjualan dan pembelian yang pasti atau definitif.

"Ini adalah suatu hal yang terjadi dengan setiap merger besar Anda harus mendapatkan persetujuan di seluruh dunia. Tapi memang itu akan memakan waktu, namun bukan risiko untuk transaksi," kata Adkerson di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Dia menegaskan, tidak ada perubahan harga dalam transaksi tersebut. Bahkan, dirinya menyetujui tentang harga, begitu juga dengan ketentuan dasar divestasi, penjualan saham. "Dan bagaimana hak partisipasi Rio Tinto dikonversi menjadi saham," jelasnya.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, dengan ditandatanganinya perjanjian ini, Pemerintah akan menerbitkan IUPK dengan masa operasi maksimal 2x10 tahun sampai tahun 2041.

"Kewajiban PTFI untuk membangun pabrik peleburan (smelter) tembaga berkapasitas 2 sampai 2,6 juta ton per tahun akan terus kami monitor dan evaluasi perkembangannya, sehingga diharapkan dapat selesai dalam waktu kurang dari 5 tahun," kata Jonan.

Sebelumnya

1 / 3

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/29/320/1957350/reaksi-bos-besar-freeport-hingga-pengusaha-cari-untung-bangun-tol

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Reaksi Bos Besar Freeport hingga Pengusaha Cari Untung Bangun Tol"

Post a Comment

Powered by Blogger.