Search

Perhatikan 5 Hal Ini saat Memilih KPR, Jangan Salah Langkah

JAKARTA - KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan solusi utama bagi masyarakat, khususnya untuk membeli rumah. Mencari produk KPR susah-susah gampang, karena Anda sebagai calon konsumen atau nasabah harus pandai-pandai memilih dengan tepat supaya mendapatkan lembaga penyalur kredit yang kredibel atau terpercaya, seperti bank.

Proses transaksi KPR lumayan rumit. Carilah lembaga penyalur yang tepat agar dapat menjawab segala pertanyaan Anda yang berhubungan dengan KPR maupun syarat dan ketentuan pengajuan KPR. Saat ini, banyak bank yang menawarkan produk KPR dengan bunga beragam.

BERITA TERKAIT +

Perjanjian Kerja Sama KPR Camden House 

Melansir Cermati.com, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan memilih fasilitas KPR adalah dengan melakukan cek atau survei. Anda bisa membuat daftar bank mana saja yang menyediakan layanan KPR, tentunya dengan persyaratan yang masuk akal dan memiliki rekam jejak atau track record yang baik.

Jika Anda sudah merasa yakin dengan penyedia KPR yang dipilih, maka perhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih produk KPR agar tidak mengalami kerugian di masa mendatang:

1. Nilai Angsuran Tetap

Produk KPR yang ditawarkan bank biasanya memiliki nilai angsuran tetap. Jadi nasabah membayar cicilan KPR dengan nilai awal atau tetap setiap bulan. Tapi ada risikonya, yakni jangka waktu atau tenor KPR menjadi lebih lama atau malah sebaliknya. Tenor ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak pemberi KPR dan naik turunnya suku bunga pasar.

89% Kelas Menengah Beli Rumah lewat KPR 

2. Adanya Perubahan Suku Bunga

Suku bunga KPR mengambang atau floating artinya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi pasar. Tingkat bunga tersebut biasanya lebih rendah dari suku bunga tetap. Keuntungan lain dari tingkat bunga mengambang adalah ketika bunga pasar rendah, maka bunga KPR bisa ikut terseret turun. Tapi kalau sedang naik, tentu bank juga akan menyesuaikan dengan kenaikan.

Ingatlah jika setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda mengenai tingkat bunga kredit, termasuk KPR. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu dulu mengenai bunga KPR yang diiming-imingi perbankan supaya tidak menyesal nantinya.

3. Biaya KPR

Ada beberapa hal yang termasuk dalam biaya penilaian, Akta Jual Beli (AJB), notaris serta beberapa hal lainnya seperti asuransi. Untuk biaya KPR wajib dilunasi sebelum adanya penandatanganan sebuah perjanjian akad kredit terjadi.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/22/470/1954143/perhatikan-5-hal-ini-saat-memilih-kpr-jangan-salah-langkah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatikan 5 Hal Ini saat Memilih KPR, Jangan Salah Langkah"

Post a Comment

Powered by Blogger.