Search

Moeldoko Sebut Pemerintah Masih Perlu Impor Beras

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berpendapat pemerintah masih perlu mengimpor beras. Hal ini disampaikan menyikapi perbedaan pendapat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Dirut Bulog Budi Waseso terkait dengan rencana impor 2 juta ton beras.

Moeldoko menyampaikan itu atas dasar beberapa pertimbangan salah satunya adalah faktor cuaca dan hama, meski kini Kementerian Pertanian telah menggenjot produksi beras.

"Sekarang kita mengenal tidak ada hari tanpa panen. Itu terus berjalan. Tapi sekali lagi faktor cuaca dan hama sangat mempengaruhi produktivitas. Sehingga memang masih memerlukan impor," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (20/9).

Selain itu, ia juga menyoroti realita di lapangan yakni penyusutan alami lahan mencapai 24 persen demi pembangunan jalan tol, perumahan, serta kawasan industri yang berkembang cepat.

"Sehingga secara logika itu memang ada kebutuhan beras nasional yang tidak bisa diproduksi sepenuhnya oleh kita," tutur mantan Panglima TNI ini.

Di sisi lain, ia menegaskan impor boleh dilakukan jauh hari sebelum petani panen raya maupun biasa.

"Kalau impor saat petani panen saya selaku Ketua HKTI juga marah dong. Saya memperjuangkan petani saya," ucapnya.

Moeldoko berpendapat penuhnya gudang Bulog saat ini disebabkan hasil panen petani serta masuknya impor beras beberapa waktu lalu.

Namun, ia mengingatkan Bulog bertugas menyeimbangkan harga di pasar. Sehingga, beras yang ada sekarang bisa disebar ketika harga mulai melonjak dan dikendalikan pasar.

"Jadi tidak statis. Kalau Pak Buwas mengatakan sekarang penuh, mungkin minggu depan atau dua minggu lagi berkurang karena kebutuhan memenuhi pasar. Ini masalah komunikasi," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Buwas menyatakan pemerintah tak perlu mengimpor beras di paruh kedua tahun ini karena pasokan beras di gudang Bulog masih sekitar 2,4 juta ton. Bulog juga disebut tak memiliki tempat lagi guna menampung pasokan beras impor.

Hal ini berbeda dengan keputusan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang sudah memberi izin impor beras 2 juta ton sampai akhir tahun, di mana sekitar 1,4 juta tonnya sudah direalisasikan dan masuk ke dalam stok Bulog. (osc)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180920142117-12-331744/moeldoko-sebut-pemerintah-masih-perlu-impor-beras

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Moeldoko Sebut Pemerintah Masih Perlu Impor Beras"

Post a Comment

Powered by Blogger.