Search

Integrasi Tarif Tol JORR Untungkan Pengusaha Truk

Laporan Reporter Tribunnews, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah direncanakan sejak Juni 2018 , akhirnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi menerapkan integrasi tarif tol di ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau tol lingkar luar Jakarta mulai 29 September 2018.

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyatakan diuntungkan oleh aturan baru ini dan menyatakan siap mendukungnya. 

Alasannya, pembayaran tol hanya dilakukan sekali dan lebih murah.

Tarif Rp 15.000 untuk golongan 1, golongan 2 dan 3 dikenakan tarif Rp 22.500, dan golongan 4 dan 5 juga membayar besaran tarif yang sama yakni Rp 30.000.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Johannes Samsi Purba mengatakan, sistem integrasi tarif tersebut sudah lama dinantikan pengusaha.

"Cost kita sangat terbantu karena sudah banyak diturunkan. Karena itu, kami sangat mendukung kebijakan integrasi tol ini. Sudah lama kami menunggu. Kalau tidak salah, seharusnya bulan Juni sudah diberlakukan, tapi baru saat ini bisa diterapkan," kata Johannes di acara FMB 9 di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018). 

Baca: Gubernur Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Reklamasi di Teluk Jakarta

Johanes menyebutkan selain dari tarif dengan adanya gerbang tol yang dihapuskan maka perjalanan pengiriman barang akan menjadi lebih mudah.

Saat ini pengusaha truk biasanya melayani kurang dari 13 ritase (rit) sebulan, dengan adanya program integrasi Tol JORR ditargetkan bisa mencapai 18 rit.

Baca: Anies: Empat Pulau Reklamasi yang Terlanjur Dibangun Akan Digunakan untuk Kepentingan Publik

"Satu titik penghambat telah hilang jadi produktivitas akan lancar, sekarang sebulan gak sampai 13 rit, nanti bisa sampai 18-20 rit perbulam jika produktivitas meningkat," kata Johannes.

Dengan adanya sistem integrasi akan menghapus lima gerbang tol yaitu GT Meruya Utama, GT Meruya Utama 1, GT Semper Utama, GT Rorotan, dan GT Pondok Ranji diharapkan tidak ada lagi kemacetan di tengah-tengah ruas tol.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/09/27/integrasi-tarif-tol-jorr-untungkan-pengusaha-truk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Integrasi Tarif Tol JORR Untungkan Pengusaha Truk"

Post a Comment

Powered by Blogger.