Search

Fakta Ambruknya Rupiah, Nyaris Rp15.000 hingga Money Changer Mendadak Penuh

JAKARTA - Naiknya kurs dolar yang hampir mendekati level Rp15.000 membuat orang-orang gempar. Akibat hal itu, orang berbondong-bondong untuk menukarkan dolar mereka dan membuat tempat-tempat money changer membludak.

Berikut fakta-fakta mengenai rupiah yang nyaris senggol Rp15.000 dan money changer membeludak, yang dirangkum oleh Okezone Finance:

BERITA TERKAIT +

1. Rupiah Diramal Akan di Atas Rp15.000/USD hingga Akhir 2018

Pelemahan nilai tukar Rupiah diprediksi akan terus berlanjut hingga akhir tahun. Hal ini mengingat adanya sejumlah ketidakpastian global yang menjadi sentimen negatif pada Rupiah.

Ekonom Indef Bhima Yudistira menyatakan, kenaikan FFR akan memicu terjadinya capital reversal atau pembalikan dana dari modal asing di Indonesia. Hal ini membuat valas kian pergi dari Tanah Air karena imbal hasil US Treasury Securities juga akan naik. Dalam kondisi demikian, hingga akhir 2018 Rupiah diperkirakan bergerak ke level Rp15.100 per USD.

rupiah

"Sampai akhir tahun Rupiah berada di kisaran RP14.900- Rp15.100 per USD. Jadi harus terus di intervensi BI lewat cadangan devisa dan kenaikan bunga acuan BI," katanya.

2. Rupiah bisa mendekati level Rp16.000 per USD hingga akhir tahun.

Sementara itu, Kepala riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang menilai, Rupiah bisa mendekati level Rp16.000 per USD hingga akhir tahun. Menurutnya hal ini akan terjadi bila pemerintah tidak mengurangi subsidi BBM, sebab impor migas menjadi faktor besar dalam transaksi berjalan yang defisit.

Selain itu, kondisi negara Indonesia yang terus menjadi eksportir komoditas bukan produk manufaktur akan turut memukul Rupiah.

3. Rupiah Dekati Rp15.000/USD, Masyarakat Rela Antre di Money Changer

Akibat kenaikan rupiah tersebut, orang-orang berbondong-bondong bahkan rela antre untuk menukarkan dolar mereka. Seperti yang terjadi di salah satu tempat penukaran valuta asing, VIP Money Changer, Jalan Menteng Raya, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

rupiah

Pada bagian ruang tunggu, tampak dipadati para customer. Bahkan, vasilitas tempat duduk yang tersedia tampak penuh. Mereka ada yang berdiri sambil menunggu antrean dan ada juga yang sambil memainkan telepon selularnya.

4. Rupiah Hampir Rp15.000, Masyarakat Tukarkan Dollarnya

Di tempat VIP Money Changer yang berada di Jalan Menteng Raya, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka. Salah satunya adalah Alwan yang sudah menunggu lebih dari satu jam. "Nunggunya dari jam setengah satu, sampai sekarang nomornya jauh, masih ada 50 nomor lagi baru bisa ke loketnya," ujar Alwan.

Dia pun mengaku menukarkan dolarnya karena nilai tukar yang sedang naik. "Kebetulan dolar saat ini cukup tinggi ya, hampir tembus Rp15.000-an. Nah makannya kita jual. Lagian ini juga titipan dari kakak. Kebetulan kakak kerja di Peru, jadi diamanatin buat jual dolar ini," ujarnya.

 

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/08/278/1947887/fakta-ambruknya-rupiah-nyaris-rp15-000-hingga-money-changer-mendadak-penuh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Ambruknya Rupiah, Nyaris Rp15.000 hingga Money Changer Mendadak Penuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.