Search

Demi Rupiah, Sri Mulyani Minta Eksportir Bawa Pulang Dolar

loading...

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta eksportir untuk membawa pulang dolarnya ke dalam negeri dan digunakan menjadi devisa hasil ekspor (DHE). Hal ini demi menjaga agar nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) tidak semakin melorot.

(Baca Juga: Ekonomi Dunia Bergejolak, Sri Mulyani Pusing Tarik Modal Asing ke RI)

Dia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kemenko bidang Perekonomian agar para eksportir merepatriasi dolar hasil ekspornya ke dalam negeri. Setelah direpatriasi, pemerintah juga berharap agar para eksportir tersebut memasukkannya menjadi devisa hasil ekspor.

"Kita akan meminta supply dolar tidak hanya direpatriasi, tapi digunakan jadi devisa di dalam negeri. Supaya transaksi bisa seimbang antara supply dan demand," katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Menurutnya, beberapa perusahaan pun telah melakukan persuasi agar transaksi dalam USD bisa dikonversi ke rupiah. Dengan demikian, tidak menimbulkan gejolak permintaan dolar yang tidak perlu.

"Katakanlah seperti beberapa perusahan pertambangan yang ternyata kontraktornya dibayar pake dolar. Padahal mereka kontraktor dalam negeri. Sehingga kita akan lakukan upaya agar cadangan devisa dan penerimaan devisa kita betul-betul bisa diperkuat kondisinya di dalam negeri," tandasnya.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1339797/33/demi-rupiah-sri-mulyani-minta-eksportir-bawa-pulang-dolar-1537429554

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Demi Rupiah, Sri Mulyani Minta Eksportir Bawa Pulang Dolar"

Post a Comment

Powered by Blogger.