Search

Beli Rumah, Harga di Bawah Rp750 Juta Jadi Incaran

JAKARTA - Optimisme para pencari rumah pada semester kedua 2018 ini masih tinggi. Sebanyak 6 dari 10 orang berencana membeli rumah pada paruh kedua tahun ini, baik rumah baru maupun rumah seken.

Hal ini tercermin dalam hasil Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 yang dikutip Okezone dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (29/2018).

BERITA TERKAIT +

Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 ini ditujukan untuk mengetahui respon pasar dari sisi permintaan sekaligus untuk menciptakan transparansi informasi untuk konsumen.

 Baca Juga: Properti Cikarang Tercerahkan Proyek Infrastruktur

Survei ini melengkapi Rumah.com Property Index yang menyajikan lebih dari 400.000 data properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

 

Sebanyak 63% dari 1,000 responden survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 mengaku berniat membeli rumah pada semester kedua 2018 ini. Menariknya, mayoritas responden yang berencana membeli rumah berasal dari golongan berpenghasilan di bawah Rp7 juta per bulan.

Dalam survei tersebut, sebanyak 53% responden yang berencana membeli rumah memiliki penghasilan di bawah Rp7 juta per bulan. Sementara itu, sebanyak 30% memiliki penghasilan berkisar Rp7 juta hingga Rp15 juta, dan sisanya berpenghasilaan di atas Rp15 juta.

 

Head of Marketing Rumah.com Ike N Hamdan menyatakan bahwa hasil survei ini sekaligus mengindikasikan kondisi ekonomi dan khususnya pasar properti tahun 2018 stabil. Masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp7 juta pun optimistis akan membeli rumah di semester kedua 2018.

"Harga properti memang tidak bisa dibilang murah, tetapi berbagai kebijakan Pemerintah seperti pelonggaran aturan Loan to Value (LTV) atau besaran rasio uang muka memudahkan siapapun untuk memiliki rumah. Kalau dulu uang muka paling rendah 15%, sekarang pengembang bisa menawarkan uang muka hingga serendah 5%, bahkan tanpa uang muka," jelasnya.

 Baca Juga: Rupiah Melemah, Bagaimana Dampaknya ke Industri Properti?

Kebijakan terbaru dari Pemerintah membebaskan pengembang untuk mengatur besaran uang muka. Kebijakan yang diterbitkan bulan Juli 2018 lalu ini terutama diterapkan pada pencari rumah pertama, yakni orang yang belum memiliki rumah. Sementara untuk orang yang hendak membeli rumah kedua dan seterusnya dikenai uang muka mulai dari 10%.

Selaras dengan fakta di lapangan, responden survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 yang berencana membeli rumah berasal dari kalangan pembeli rumah pertama, atau yang akrab dikenal dengan istilah first time buyers. Hasil survei menunjukkan bahwa 57% responden yang berencana membeli rumah sepanjang Juli-Desember 2018 merupakan kalangan first time buyers.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/29/470/1957283/beli-rumah-harga-di-bawah-rp750-juta-jadi-incaran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beli Rumah, Harga di Bawah Rp750 Juta Jadi Incaran"

Post a Comment

Powered by Blogger.