Search

Bank Mandiri, BNI & BTN Kompak Tolak Biayai Saham Freeport

JAKARTA - Pemerintah melalui PT Inalum (Persero) saat ini tengah melakukan proses akuisisi 51% saham Freeport Indonesia. Untuk menguasai saham tambang emas itu, pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) harus merogoh kocek sebesar USD3,85 miliar atau setara dengan Rp55,44 triliun (mengacu kurs Rp14.400).

Berikut tiga bank lokal yang enggan modali Inalum beli saham Freeport yang dirangkum oleh Okezone Finance:

BERITA TERKAIT +

Sepakat! Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia 51% 

1. Alasan BNI Enggan Biayai Pembelian Saham Freeport

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menegaskan tidak ikut dalam membiayai pembelian 51% saham Freeport Indonesia. Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, pihaknya memutuskan untuk tidak ikut serta dalam pembiayaan divestasi saham 51% freeport. Sebab menurutnya, ada beberapa tawaran yang akan memberatkan perseroan.

Sepakat! Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia 51% 

Selain itu, lanjut Baiquni, pihaknya akan sangat sulit untuk bersaing dengan bank-bank luar negeri. Sebab, banyak sekali bank luar negeri yang menawarkan suku bunga kredit yang lebih rendah. Selanjutnya saat ini kondisi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sedang mengalami pelemahan. Tentunya hal tersebut akan semakin memberatkan pihaknya dalam mengucurkan kredit sindikasi yang mengacu dalam mata uang dolar AS.

2. Bank Mandiri Enggan Danai Pembelian Saham Freeport

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, keputusan pihaknya enggan danai pembelian saham Freeport karena terkait dengan kondisi likuiditas valuta asing di perbankan Indonesia sebagai akibat dari pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Sebab, ketika Rupiah melemah, nasabah cenderung menyimpan Dolar AS di luar negeri ketimbang di Indonesia.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/07/28/320/1928631/bank-mandiri-bni-btn-kompak-tolak-biayai-saham-freeport

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bank Mandiri, BNI & BTN Kompak Tolak Biayai Saham Freeport"

Post a Comment

Powered by Blogger.