Search

6 Trik Mudah Atasi Stres Akibat Beban Pekerjaan

JAKARTA - Stres kerja bisa terjadi pada semua karyawan. Terkadang, stres kerja tidak bisa dihindari karena masalah selalu saja terjadi di kantor. Jika tidak bisa mengelak dari stres kerja, maka Anda harus punya cara untuk menghadapinya.

Agar bisa mengelola stres kerja, maka Anda mesti memahami sumber masalah yang terjadi. Berikut cara mengelola stres kerja berdasarkan penyebabnya.

BERITA TERKAIT +

Membuat Prioritas Kerja

Stres kerja bisa muncul karena pekerjaan yang terlalu banyak dan menumpuk. Penyebab stres karena Anda tidak punya strategi untuk menyelesaikan pekerjaan. Akibatnya, ketika pekerjaan lama belum selesai, tugas baru datang dan membuat Anda semakin frustasi. Bila ada terlalu banyak hal di otak, maka Anda akan merasa tertekan.

kerja

Anda perlu membuat prioritas pekerjaan. Susunlah urutan tugas dari mulai yang paling penting hingga pekerjaan yang bisa dilakukan belakangan. Jangan lupa menyertakan target waktu penyelesaian pekerjaan dan jeda istirahat sebelum Anda beralih ke tugas berikutnya. Hindari multitasking agar Anda tidak semakin stres.

Hilangkan Kebiasaan Negatif

Stres kerja bisa terjadi karena Anda yang membuatnya sendiri. Beberapa orang yang perfeksionis menetapkan tujuan kerja yang tidak realistis, sehingga menyusahkan diri sendiri. Ada pula orang yang memelihara pikiran negatif sehingga selalu dihantui kecemasan.

kerja

Berusahalah untuk menghilangkan kebiasaan negatif yang menjadi pennyebab stres sendiri. Buat Anda yang perfeksionis, jangan lagi berpikiran pada hasil akhir saja. Anda perlu fokus pada proses kerja dan melakukan yang terbaik saat menjalankan tugas.

Sementara untuk Anda yang selalu negative thinking, cobalah sesekali bercanda dengan teman di saat istirahat sehingga Anda tidak terkungkung dengan stres kerja.

Olahraga

Ketika kondisi fisik melemah, maka Anda akan kesulitan melakukan berbagai pekerjaan. Keadaan ini akan menjadi penyebab stres kerja. Anda akan terjebak dalam tugas-tugas yang tak kunjung selesai karena kehilangan konsentrasi akibat kesehatan yang menurun.

Untuk menjaga agar badan selalu fit, Anda perlu berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa dipilih antara lain, lari, berenang, atau senam aerobik yang memadukan gerakan dan musik yang menarik. Jika Anda tidak punya waktu berolahraga, sementara stres sudah memuncak, maka cobalah untuk beranjak dari tempat duduk dan bergerak.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/07/28/320/1928640/6-trik-mudah-atasi-stres-akibat-beban-pekerjaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Trik Mudah Atasi Stres Akibat Beban Pekerjaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.